Kamis, 29 Desember 2011

Dasar manajemen BAB 1

BAB I
PENGERTIAN MANAJEMEN
1.1. DEFINISI MANAJEMEN

Manajemen adalah Proses perencanaan, pengorganisasian,pengarahan dan pengawasan
Usaha-usaha para anggota  organisasi dan penggunaan sumber daya- sumber daya organisasi lainnya agarmencapai  tujuan organisasi yg telah ditetapkan.

1.2. Mengapa manajemen diperlukan/dibutuhkan.
Ada tiga alasan  diperlukannya Manajemen.
a-      Untuk mencapai tujuan.
b-      Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yg saling bertentangan.seperti kepentingan pemilik dan karyawan,kreditur,pelanggan,konsumen,supplier dll
c-       Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas.
Efisien adalah  suatu keadaan dimana output/keluaran maksimum dengan masukan/input yg terbatas.
Efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan atau peralatan yg tepat,untuk mencapai tujuan yg telah ditentukan.
1.3. Manajemen sebagai Ilmu dan Seni
Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan karena  manajemen  dalam penerapannya memerlukan ilmu-ilmu lainnya antara lain:ilmu ekonomi; statistik;akuntasi dsb.dan juga telah memenuhi persyaratan ilmu, karena telah dipelajari untuk waktu yg lama dan  telah diorganisasi  menjadi suatu rangkaian teori.

Sedang  sebagai Seni karena penerapan Manajemen oleh seorang manager sangat bergantung pada karakteristik atau methode pendekatan manajer itu sendiri.
                1.4.Manajemen sebagai Profesi
Manajemen sebagai suatu profesi dapat kita lihat, bahwa para profesional dalam     mendapatkan status mereka karena mencapai standar prestasi kerja tertentu.bukan karena favoritisme atau suku bangsa atau agama.
1.4. Pemahaman
1.5. Beberapa pengertian yg berbeda dengan  Manajemen
a-      Manajemen berbeda dengan Wirausaha( entrepreneurship ).
Wirausaha adalah orang yg berani  memiliki sumber daya-sumber daya ,mengorganisasikan dan menjalankan dengan keberanian mengambil resiko yg didorong oleh motif keuntungan. Sedang Manajemen adalahterlibat dalam proses pengorganisasian sumber daya-  sumber daya tetapi tidak mencakup pemilikan. Oleh sebab itu Manager adalah juga karyawan.
b-      Manajemen berbeda  dengan Supervisi
Supervisi adalah kegiatan sesaat untuk melakukan pengecekan/evaluasi,pengarahan dan pengendalian karyawan/bawahan dalam suatun organisasi, sehingga supervisi itu merupakan nbagianmdari  Manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar