Kamis, 29 Desember 2011

Dasar manajemen BAB 4

                                                                      BAB.4
                   . MANAJER DAN LINGKUNGAN EKSTERNAL ORGANISASI
                Seluruh manajer seharusnya tidak hanya memusatkan perhatiannya pada lingkungan internal organisasi, tetapi juga menyadari pentingnya pengaruh lingkungan eksternal  thdp organisasi yg dikelolanya.Manajer perlu mempertimbangkan unsur – unsur dan kekuatan lingkungan eksternal  dalam setiap kegiatannya. Manajer harus : Mengidentifikasi ; menganalisa ; mengevaluasi ; mendiagnosa dan bereaksi terhadap kekuatan – kekuatan lingkungan, baik berupa kesempatan – kesempatan , resiko – resiko maupun ancaman – ancaman yg mempunyai pengaruh pada operasi organisasi ( perusahaan ).

                Kondisi eksternal  al:   - kondisi ekonomi yg naik turun
-          Perkembangan teknologi
-          Perubahan perilaku konsumen
-          Pembaharuan dan perubahan peraturan pemerintah
-          Dll

Lingkungan Eksternal terdiri dari : Lingkungan eksternal Mikro dan lingkungan eksternal Makro
                @ Lingkungan Eksternal Mikro
a.       Para Pesaing  ( Competitor )
b.      Langganan ( Customer )
c.       Pasar Tenaga Kerja ( labor supply )
d.      Lembaga – lembaga keuangan
e.      Para penyedia/pemasok ( supplier )
f.        Perwakilan – perwakilan pemerintah.

@ Lingkungan Eksternal Makro
a.       Perkembangan Teknologi
b.      Variabel – variabel Ekonomi
c.       Variabel – variabel politik
d.      Lingkungan Sosial Kebudayaan
e.      Dimensi Internasional.

@  Organisasi dan Lingkungan
                Lingkungan ekstern mempengaruhi manajer – manajer bervariasi menurut tipe dan tujuan organisasi. Hal ini berbeda di antara  posisi-posisi dan fungsi – fungsi dalam  suatu organisasi dan bahkan antara tingkatan – tingkatan  hirarki di dalam organisasi.
                Usaha – usaha yg dilakukan  manajer al:
-          Usaha mempengaruhi lingkungan ekstern mikro
-          Peramalan ( forecasting) thdp lingkungan ekstern makro
-          Perencanaan, perancangan organisasi dan lingkungan.
@ Tanggungjawab Sosial Manajer
                Tanggungjawab  sosial berarti bahwa manajemen mempertimbangkan dampak sosial dan ekonomi di dalam pembuatan keputusannya. Tanggung jawab sosial perusahaan ini merupakan salah satu tugas yg harus dilakukan oleh para manajer organisasi perusahaan, karena aspek ini merupakan  syarat utama bagi  keberhasilan perusahaan, terutama untuk jangka panjang. Dengan demikian seorang manajer  dituntut untuk mengimplementasikan Etike Berusaha ( the ethics of managers ) , terutama dalam hubungannya dengan langganan, karyawan, penemu teknologi, lembaga pendidikan, perusahaan – perusahaan lain, para penyedia, krediteur, pemegang saham,  pemerintah bdan masyarakat umum.
Ada lima faktor yg mempengaruhi keputusan – keputusan  pada masalah etika, yaitu :
1/  Hukum, 2/ Peraturan – peraturan pemerintah, 3/ kode etik industri dan perusahaan, 4/ tekanan-tekanan sosial dan5/ tegangan antara standar perorangan dan kebutuhan organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar