Selasa, 24 Januari 2012

Pengantar Bisnis


1.      Pengonsentrasian Perusahaan :
·         Trust
·         Holding company
·         Kartel
·         Sindikat
·         Concern
·         Joint venture
·         Trade association
·         Gentlement’s agreemen
2.      Organisasi meliputi :
·         Sekumpulan orang
·         Sepakat untuk mencapai tujuan
·         Melakukan kerjasama untuk mencapai tujuan

“Organisasi adalah sekumpulan orang yang bersepakat untuk bergabung dalam suatu kelompok yang menetapkan tujuan-tujuan tertentu dan berupaya mencapai tujuan tersebut”.

3.      Ciri-ciri organisasi :
·         Karakter yang berbeda
·         Dorongan berbeda/motifasi
·         Mempunyai latarbelakang yang berbeda
4.      Peran manager, dalam keadaan yang berbeda tersebut bagaimanakah mereka dapat bersepakat mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan :
·         Manager adalah anggota organisasi yang menjadi pemimpin untuk menjalankan tugas tertentu.
·         Manager adalah karyawan yang diberi tanggungjawab untuk mengkordinasikan sumberdaya tersebut.
5.      Tugas manager :
·         Memanage perencanaan tindakan apa saja
·         Mengorganisasikan membagi tugas, membagi pekerja
·         Menyarankan atau mamberikan saran kepada karyawan yang lain
·         Mangawasi


“Manajemen adalah proses pengordinasian sumber daya yang dimiliki”.

6.      Hal-hal yang direncanakan :
·         Tujuannya
·         Tindakan yang perlu dijalankan untuk mencapai tujuan
·         Menentukan apa yang akan diperlukan
·         Faktor-faktor yang digunakan

“Perencanaan atau planing adalah penetapan sasaran bagi kinerja organisasi di masa mendatang dan memutuskan upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk mencapainya, perencanaan dibutuhkan untuk mencapai tujuan di masa mendatang”.

7.      Perencanaan dapat dibedakan menjadi 4, yaitu :
·         Rencan strategis,
Adalah penyusunan rencana jangka panjang tujuan yang komperhensif dan menyebutkan aktivitas yang akan dilakukan dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
·         Perencanaan taktis,
Adalah rencana jangka pendek yang dirinci dari keputusan strategis.
·         Perencanaan operasional,
Adalah penyusunan metode untuk mencapai rencana taktis.
·         Perencanaan darurat,
Adalan rencana alternatif yang dikembangkan untuk menghadapi berbagai kemungkinan kondisi perusahaan yang mungkin terjadi.
8.      Ada tahapan dalam perencanaan strategis :
·         Mengembangkan visi yang jelas
·         Menentukan misi yang jelas
·         Meramalkan perkembangan perusahaan
·         Menganalisa persaingan
·         Menetapkan sasaran dan tujuan
·         Mengembangkan rencana kegiatan
9.       Strategi dalam menghadapi persaingan :
·         Diferensiasi pembedaan produk
·         Kepemiminan harga mampu menempatkan harga di pasaran
·         Fokus terhadap masalah
10.   Tujuan organisasi meningkatkan produktifitas :
·         Perencanaan strategis efisiensi setiap karyawan
·         Perencaaan taktis mendapatkan pekerja yang memenuhi dualifikasi
·         Perencanaan operasional cara menyeleksi


11.  Pengorganisasian (Organozing)
Pengorganisasian sebagai proses penciptaan hubungan antara berbagai fungsi personalia agar semua pekerjaan yang dilakukan dapat bermanfaat serta terarah pada suatu tujuan.
12.  Operasional cara menyeleksi
·         Bentuk organisasi
·         Menentukan pekerja dan tugas

“Pengarahan adalah sebagai usaha untuk menggerakkan semua anggota dalam suatu organisasi”.

13.  Kunci pengarahan :
·         Kepamimpinan adalah kemampuan memepengaruhi dan mengarahkan pihak lain untuk mencapai tujuan tertentu.
·         Komunikasi mampu menjadi komunikasi dengan bawahan dan dengan orang lain untuk menyampaikan ide.
·         Motivasi adalah dorongan dan arahan.

“Pengawasan merupakan sebuah proses mengevaluasi prestasi oganisasi dan mengambil tindakan-tindakan koreksi jika perlu dalam rangka mencapai tujuan”.

14.  Tahapan proses pengawasan :
·         Menetapkan standar
·         Pengukuran prestasi
·         Mengidentifikasi penyimpangan-penyimpangan dan sebab-sebab dari penyimpangan
·         Mengambil tindakan koreksi
15.  Keterampilan manajemen yang dibutuhkan :
·         Kecakapan teknis
·         Kecakapan berhubungan dengan orang lain
·         Kecakapan politis
·         Kecakapan konseptual
16.  Analisis SWOT
Dengan mempelajari kondisi masyarakat wirausaha dapat mengetahui beberapa faktor, yaitu :
·         Faktor internal
-          Strenght (kekuatan yang mendukung usaha)
-          Weeknees (kelemahan yang menghambat usaha)

·         Faktor eksternal
-          Opportunity (peluang/kesempatan)
-          Threat (ancaman mana saja)
17.  Dr. Dj. Schwatz berpendapat untuk memanfaatkan peluang bisnis sbb :
·         Percaya dan yakin bahwa usaha bisa dilaksanakan
·         Janganlah hadiri lingkungan yang statis yang akan melumpuhkan pikiran wirausahawan
·         Setiap hari bertanya pada diri sendiri “bagaimana saya dapat melakukan usaha lebih baik”
·         Bertanya dan dengarkan
·         Perluas pikiran kita
18.  Paul charlap mengemukakan 4 unsur yang harus dimiliki seorang wirausaha agar mencapai sukses :
·         Work hard (kerja keras)
·         Work smart (kerja cerdas)
·         Enthusiasm (kegairahan/semangat/antusias)
·         Service (pelayanan)
19.  Resiko usaha
Beberapa resiko usaha yang mungkin terjadi :
a.      Perubahan permintaan karena perubahan metode selera konsumen
b.      Perubahan konjungtur kondisi ekonomi yang tidak menentu
c.       Persaingan
d.      Perubahan karena teknologi peraturan bencana alam.
20.  Tinjauan analisis peluang usaha
·         Berdasarkan jenis/produk/jasa :
a.      Minat seseorang (bidang jasa/perdagangan)
b.      Modal (tersedia/belum, bentuk uang/barang)
c.       Relasi (keluarga/teman yang terlebih dahulu menekuni usaha yang sama).
·         Disamping itu perlu diperhitungkan :
a.      Pengaruh lingkungan sekitar
b.      Banyak sedikitnya permintaan masyarakat
c.       Kecocokan antara kebutuhan masyarakat dengan jenis usaha tertentu
d.      Banyak sedikitnya pesaing
e.      Adanya kemampuan untuk bertahan dan memenangkan persaingan.
21.  Pemilihan produk berupa barang yang dapat menciptakan peluang usaha, adalah :
·         Mudah dalam pemakaian
·         Efisien dalam penggunaan
·         Kualitas produk terjamin
·         Hemat dalam pemakaian
·         Ada jaminan keamanan dalam pemakaian
22.  Pengelompokan produk yang dibutuhkan masyarakat :
·         Produk yang mampu mempermudahkan pekerjaan di rumah.
Contoh : magic jar, oven, mesin cuci.
·         Produk yang mempermudah pekerjaan diluar rumah.
Contoh : tas multifungsi, handphone
·         Produk lain yang dibutuhkan tanpa mengenal tempat.
Contoh : air dalam kemasan, mie instan
23.  Berdasarkan minat dan daya beli konsumen minat, untuk mengetahui minat dilakukan dengan observasi. Yaitu :
·         Mengadakan pengamatan langsung kepasar
·         Melakukan wawancara/interview
·         Memberikan angket, diisi untuk konsumen (guesioner)
24.  Tantangan bisnis :
·         Masalah, bagaimana menciptakan keunggulan bersaing dan mempertahankan keseimbangan bisnis.
·         Peningkatan keahlian kerja, dinyatakan dalam 3 bentuk :
a.      Keahlian berkonsep
b.      Keahlian teknis
c.       Keahlian teknologi
·         Menurunnya tingkat kesetiaan karyawan
·         Respon atas era globalisasi (hilangnya batas waktu dan ruang) yakni globalisasi ekonomi dan globalisasi perusahaan.
·         Budaya kenegaraan tenaga kerja
·         Peningkatan kualitas pelayanan, produk, dan layanan penjualan.
·         Tuntutan dalam beretika bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar